Pengertian Public relation Menurut
Beberapa Sumber
1.
Menurut Howard
Bonhan, seorang penulis bisnis dan keuangan yang pernah bekerja untuk
perusahaan riset indenpenden Houston, Texas mengungkapkan bahwa PR adalah suatu
seni untuk menciptakan pengertian publik yang baik, yang dapat memperdalam
kepercayaan publik terhadap seeorang atau organiasasi tertentu.
2. Sedangkan menurut James E Gruning seorang penulis dan
penerima penghargaan dari Public Relations Sociaty of America, PR adalah cara melatih
komunikasi antara organisasi dan masyarakatnya.
3. Menurut Scott M. Cutlips and Allen H. Center PR adalah
usaha perencanaan untuk memengaruhi pendapat menjadi karakter yang baik dan
tanggung jawab pelaksanaan berdasarkan kepuasan komunikasi dua arah antar
sesama.
4. Diane Ackerman, Definisi dari PR adalah, Pelatihan PR
direncanakan dan dilakukan usaha yang berkelanjutan dan tetap mendirikan dan
memertahankan kemauan yang baik dan pengertian satu sama lain diantara
organisasi dan publiknya.
5. Joye C.Gordon, Joye C.Gordon, PR adalah Taksiran diri
dan Simbol dalam Interaksi berdasarkan pilihan yang lain.
6.
Webster’s News
World Dictionary mendefinisikan humas sebagai “Hubungan dengan masyarakat
luas, seperti melalui publisitas; khususnya fungsi-fungsi korperasi,
organisasi, dan sebagainya yang berhubungan denagn usaha untuk menciptakan
opini publik dan citra yang menyenangkan untuk dirinya sendiri.”
7.
Public
Relations News mendefinisikan humas sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi
sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan-kebijaksanaan dan
prosedur-prosedur individu atau sebuah organisasi berdasarkan kepentingan
publik, dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan
penerimaan publik.
8.
humas adalah
suatu filsafat sosial dan manajemen yang dinyatakan dalam kebijaksanaan beserta
pelaksanaannya, yang melalui interpretasi yang peka mengenai
peristiwa-peristiwa berdasarkan pada komunikasi dua arah dengan publiknya,
berusaha untuk memperoleh saling pengertian dan itikad baik.
9. Cutlip, Public
relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan
yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan public yang mempengaruhi
kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.
10.betrand R. Canfield, PR adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap public,
mengidentifikasi kebijakan dan atiurans eseorang atua organisasi demi
kepentingan publik dan melaksnakan sesautu program kegiatan untuk memperoleh
pengertian dan penerimaan public.
11. Otin Baskin, et.al, PR adalah fungsi manajemen yang membantu meraih tujuan organisasi,
merumuskan filosofi dan memperantarai perubahan organisasi. Praktisi PR
berkomunikasi dengan seluruh publik internal dan eksternal yang terkait untuk
membangun hubungan positrif dan untuk menciptakan konsistensi antara tujuan
organisasi dan harapan masyarakat. Praktisi PR mengembangkan, melaksnakan dan
mengevaluasi program organisasi dengan mendorong pertukaran pengaruh dan
pengertian antara bagian-bagian pokok dan publik organisasi.
12.J.C. Seidel, PR
adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untik memperoleh itikad
baik dan pengerrrtian dari langganannya, pegawainya dan public umumnya;kedalam
dengan mengadakan analisa dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan
mengadakan pernyataan-pernyataan.
13.W.Emerson Reck, PR
adalah kelanjuatan dari proses penetapan kebikajsanan, penetuan pelayanan dan
sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan atgar orang
atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan goodwill dari mereka. Kedua,
pelaksanaan kebijaksanaaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya
pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.
14.Howard Bonham, PR
adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian public yang lebih baik, yang
dapat memperdalam kepercayaan public terhadap seseorang atau sesuatu oragnisasi
atau badan.
15.John E. Marston dalam buku Modern Public Relations, Mc
GrawHill, New York, 1979, Public
relations adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain
untuk mempengaruhi publik signifikan.
16.Frank Jefkins & Daniel Yadin, Public Relations,
Pearson Professional Limited, Public
relations adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.
17. Public relation
adalah presentasi positif suatu organisasi kepada keseluruhan publiknya. ( Tony
Greener, Dalam buku The Secret of Successfuls Public Relations, Alih bahasa
Nuraki Aziz, Bumi Aksara , Jakarta, 1995.), Public relation adalah presentasi
positif suatu organisasi kepada keseluruhan publiknya.
18.Humas adalah komunikasi dua arah antara organisasi
dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan
manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerja sama dan penmenuhan kepentingan
bersama. ( Onong Uchjana Effendy Dalam buku Hubungan Masyarakat, Pt Remaja
Rosdakarya, Bandung.)
19.Public relation adalah manajemen komunikasi antara
organisasi dengan publiknya. ( Grunic & Hunt, James grunic dan Todd Hunt
dalam buku Managing Public Relations, , New York, penerbit Holt, Rinehart dan Winston,)
20.
M.O Palapah dan Atang Syamsudin, Public Relations adalah suatu bentuk spesialisasi komunikasi yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan
bekerjasama antara semua publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan
dan kepuasan bersama.